Saturday, February 4, 2017

RPP BAHASA INDONESIA SEMESTER GANJIL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                              :     SDN 73 Lamogo
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                :     5 / Pertama
Tema                                 :     Pengalaman
Standar Kompetensi           :     1          Mendengarkan
                                              Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                                :     2 X 35 Menit

MENDENGARKAN
A.     Kompetensi Dasar
1.1. Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan  dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.
B.  Indikator
     1.1.1 Mampu menanggapi penjelasan narasumber
     1.1.2 Mampu menyimpulkan  isi penjelasan  narasumber
C. Tujuan Pembelajaran:
§  Siswa dapat Mendengarkan penjelasan.
§  Siswa dapat Menananggapi pernyataan nara sumber
§  Siswa dapat Menanggapi. penjelasan nara sumber.
§  Siswa dapat Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
§  Siswa dapat menyimpulkan isi penjelasan narasumber

v Karakter siswa yang diharapkan :      Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

B.     Materi Pokok
§  Teks Penjelasan  nara sumber
             Kamu diajak untuk menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan,
             karyawan, dan lain-lain) dengan memperhatikan santun berbahasa
1.      Menanggapi Penjelasan Narasumber
Saat kamu menanggapi  penjelasan yang diberikan seorang narasumber, kamu harus memperhatikan bahasa yang sopan.
Catatlah semua penjelasan yang
telah diberikan narasumber. Saat
memberikan tanggapan, perhatikan
keterkaitan tanggapan yang kamu
berikan dengan keterangan narasumber.







Pertanyaan                                 Pewawancara:
                                                     Di mana tempat belajar anak-anak Suku Anak Dalam?
Keterangan                 
Narasumber                             Kak Butet:
                                                     Anak-anak Suku Anak Dalam belajar di   bawah pohon yang rindang   beralaskan     rumput dan tanah. Mereka sangat senang
belajar berhitung dan membaca. Waktu belajarnya pada pagi dan siang hari. Di sana tidak ada kelas, bangku, dan kursi.
Tanggapan                               Pewawancara:
O, jadi Anak-anak Suku Anak Dalam
belajar di kelas terbuka. Mereka belajar di
tengah alam yang masih alami ya, Kak!
2 Kalimat tanggapan:
a. Setiap orang mempunyai kewajiban melestarikan hutan. Sekarang,
kakak mulai menanam pohon supaya anak cucu kakak kelak menikmatinya.
Menurut kakak, hutan merupakan harta kakak dan anak cucu kakak.
b. Kakak merawat hewan-hewan dari hasil perburuan orang-orang yang
tidak bertanggung jawab, supaya hewan-hewan itu tidak punah.Bagi para
pelanggar hukum, melanggar terhadap perlindungan hewan juga harus ditindak
tegas. Aparat harus memiliki sikap tegas dan tidak pandang bulu.
3 Menggunakan Kalimat Harapan
Harapan adalah permohonan, permintaan atau keinginan supaya sesuatu terjadi.
Di sini, kamu akan mempelajari kalimat harapan (semoga dan mudah-mudahan).
Contoh:
􀁺 Semoga dengan penanaman hutan kembali, banjir tidak terjadi lagi.
􀁺 Mudah-mudahan kebakaran hutan dapat segera diatasi.
Letakkan buku dan mulailah mendengarkan pembacaan teks wawancara oleh dua
orang temanmu.
C.     Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
§  Kegiatan Inti  :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mendengarkan penjelasan.
F  Menananggapi pernyataan.
F  Menanggapi. penjelasan nara sumber.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
F  Menceriterakan penjelasan nara sumber.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F   Beserta siswa bersama-sama membuat Kesimpulan
F  Memberikan Tugas PR
F  Menyampaiakan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya

D.     Metode/Sumber Belajar
§  Metode                                    :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
§  Sumber Belajar                        :  Teks, Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

E.      Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan penjelasan.
·  Siswa dapat menanggapi pernyataan.
·  Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber.
·  Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
·  Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber.
·  Lisan.
·  Tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Tanggapilah pernya-taan nara sumber!
·  Tuliskanlah hal-hal penting dari penjelasan nara sumber!

                                                                                       
                                                                                                            Lamogo,                  2016
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Sekolah                                                                            Guru Kelas V


         Andi Nursan, S. Pd.,M.Si                                                            Karmawati, S. Pd
         NIP. 19640407 198511 1 001                                                       NIP . 19780504 2008 01 2 017

No comments:

Post a Comment