Saturday, February 4, 2017

RPP Matematika Semester Ganjil



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                : SDN 73 Lamogo
Mata Pelajaran                     : Matematika
Kelas/Semester                    : V/ I
Alokasi Waktu                    : 2  x 35 Menit
Hari/Tanggal                       : ................


A.   Standar  Kompetensi         :          
1.  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah

B.    Kompetensi Dasar
1.1      Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.
C.    Indikator
§  Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dalam perhitungan

D.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
§  Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien

E.    Materi Ajar
Sifat Operasi hitung bilangan bulat
§  Penggunaan sifat komutatif, Asosiatif, dan Distributif

1.        Pertukaran suku pada penjumlahan bilangan bulat tidakmengubah hasil.
Pertukaran suku disebut juga sifat komutatif penjumlahan.
Contoh:
4 + 17 = 13                                   -8+(-7) = -15
17+(-4) = 13                                  -7+(-8) = -15
-4+17 = 17+(-4)                             -8+(-7) = -7 +(-8)
2.  Pengelompokan suku pada penjumlahan bilangan bulat tidak
mengubah hasil.
Pengelompokan suku disebut juga sifat asosiatif penjumlahan
Contoh:
 5+12+(-5)= (5+12) + (-5)
= 17 +(-5)
= 12
3.Sifat penyebaran perkalian terhadap penjumlahan tidak
mengubah hasil. Sifat penyebaran disebut juga sifat distributif
perkalian terhadap penjumlahan.
12 x (5 + 3) = (12 x 5) + (12 x 3)
=  60 + 36
=  96
4. Bilangan 0 adalah identitas penjumlahan.
    Contoh:        125 + 0 = 125                        0+(-12) = -12
F.    Metode Pembelajaran/Model Pembelajaran
Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori
Model Pembelajaran : STAD  (Student team achievment devision)

G.    Langkah-langkah Pembelajaran     :
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI KARAKTER

1.        Kegiatan Awal ( ± 7 Menit)
@ Berdoa, mengabsen siswa mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
@ Menyampaikan tujuan pembelajaran
@ Apersepsi/Motivasi
2.       Kegiatan Inti (± 43 Menit)
                    Eksplorasi
@ Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok
@ Siswa menyimak penjelasan guru tentang sifat-sifat perhitungan pada bilangan bulat. ( sifat komutatif, sifat asosiatif, dan distributif )
@ Tanya jawab tentang  sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat disertai contoh
   Elaborasi
@ Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh   anggota-anggota kelompok. Anggotanya yang sudah mengerti dapat  menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
@ Tiap kelompok menyampaikan hasil kerja kelompok masing
masing.
@ Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
Komfirmasi
@ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
@ Guru bersama siswa bertanya jawab dan meluruskan kesalah pahaman, dan memberikan penguatan.
3.        Kegiatan Akhir (±20 menit)
@ Membuat kesimpulan dari materi yang disampaikan
5 + (-7) = -7 + 5 a + b = b + a
 (-9 + 12) + (4) = -9 + (12 + 4) (a + b) + c = a + (b+ c)
64 + 0 = 64; 0 + (-8) = -8 a+0 = a; 0 + a = a
7 + (-7) = 0; -12 + 12 = 0 a + (-a) = 0; -a + a = 0
@ Evaluasi
@ Pemberian PR/ tugas
@ Menyampaikan materi yang akan di bahas pada pertemuan berikutnya.



Disiplin



Tanggung jawab


Rasa hormat dan perhatian

Tekun




Rasa Ingin Tahu


Kerja Keras









H.   Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§  Matematika SD untuk Kelas V  5 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5
§  Buku panduan pendidik intan pariwara
I.     Penilaian
LKS
Soal
Kunci jawaban
Skor

Gunakan sifat-sifat perkalian bilangan bulat untuk menentukan nilai n
1.        -30+420 = 420 + n
2.       (n+26) + (-10)  = -32 + (26 + (-10)
3.        -8 x (-15 + 20) = (-8 x n)+(-8 x20)
4.       (25 +(-40)) x 1 = n
5.       27 x (-12 + 12) = n x 27


1. -30
2. -32
3. - 15
4. -15
5.  0
1.         


20
20
20
20
20
Skor Maksimal
100
Lembar Kerja kelompok
Soal
Kunci jawaban
Skor

Gunakan sifat-sifat perkalian bilangan bulat untuk menentukan
nilai  n!
1.          -125 x 24 = n x (-125)
2.       62 x  (-15) x 7 = 62 x (n x 7)
3.        -35 x (24+4) = (-35 x n) +(-35 x 4)
4.       -12 x (9+7) = (n x 9) + (-12 x7)

1.        24
2.       -15
3.        24
4.       -12
20
20
20
20
Skor Maksimal
80

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kognitif



Afektif
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian (Pengamatan)
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.











  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 100.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                                                             Lamogo,              2016
        Mengetahui                                                                                                 
        Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Kelas V


 
ANDI NURSAN, S. Pd, M.Si                                                                     KARMAWATI, S. Pd
NIP. 19640407 198511 1 001                                                                   NIP. 19780504 200801 2 017



No comments:

Post a Comment